MENERBITKAN BUKU DI MAGAMA, APA YANG BEDA?


Sebagai penerbit yang berfokus melayani dan bersinergi dengan penulis di daerah, khususnya Pulau Sulawesi, kami memberikan banyak alternatif paket penerbitan terkait biaya dan juga kualitas yang saling terkait. Kami memahami banyaknya tawaran dari penerbit lain yang mungkin terlihat murah, kami tetap membuka diri untuk memberikan perbandingan dengan asumsi banwa setiap perhitungan biaya masing-masing penerbitan buku sudah memperhitungkan kelebihan dan kekurangan serta untung/rugi sebelum harga final diperoleh. Satu  penegasan penting dalam hal ini adalah keberadaan lembaga Penerbit Magama adalah  indenpenden, bukan lembaga negara termasuk dalam hal ini tidak dibiayai dari APBN, APBD atau sejenisnya malinkan semata kemitraan profesional. Dengan demikian penerbit melakukan proses kerja dan hal lainnya berdasarkan pertimbangan dan perhitungan termasuk aspek hitungan untuk rugi secara ekonomi. Tetapi demikian, sebagai penerbit yang lahir dari rahim literasi, yang dibesarkan dengan semangat idealisme tinggi, menjadi pantangan bagi Penerbit Magama untuk hanya mengambil keuntungan sepihak yang mengabaikan kejujuran, keterbukaan adil dan solutif. 

Penerbit Magama sama sekali tidak mengandalkan iklan/promosi bombastis dengan "mengobral Diskon" biaya terbit sejenisnya, atau melakukan "modus" perhitungan yang seolah menguntungkan penulis tetapi dalam faktanya terjadi sebaliknya.

Sebagai penerbit yang didirikan dengan basis idealisme, tentunya Penerbit Magama memiiliki keterbatasan dalam mengakomodir semua naskah. Dalam artian bahwa, dalam upaya menjaga kualitas dan citra penerbitan. maka naskah yang masuk dan diterbit “tidak asal terbit” atau dalam istilah  umum yang “penting bayar”. Dalam banyak kesempatan kami terpaksa menolak menerbitkan sebuah naskah, dalam rangka menjaga kualitas dan memastikan bahwa naskah yang terbit melalui Penerbit Magama memiliki memang kelayakan untuk disebarluaskan kepada publik.

Namun kami tetap terbuka dengan hal tersebut, dengan  kemudahan yang kami tawarkan dalam kemudahan akses komunikasi khususnya bagi penulis di daerah serta banyaknya pilihan alternatif yang bisa diperoleh tentu sesuai kualitas dan harga yang menyesuaikan, termasuk alternatif penerbitan yang dibiayai oleh  penerbit langsung.

Lewat Penerbitan Mengabdi bagi Pendidikan

Sebagai Lembaga Penerbitan Buku yang resmi, dalam kesederhanaan Penerbit Magama pun terus berkomitmen mengambil bagian sesuai kemampuan. Tumbuh sebagai Lembaga Penerbitan Buku yang jauh dari kata bonafit dengan modal dan operasional yang besar. Namun Penerbit Magama mampu mensiasati operasionalnya sehingga dapat eksis teruji waktu walau dalam keterbatasan.

Penerbit Magama adalah satu dari mungkin sedikit penerbit di daerah yang bisa bertahan di tengah masa-masa sulit (tanpa bantuan finansial dari pemerintah) terutama dengan transisi pasar buku cetak ke aplikasi juga karena gempuran Covid-19. Mungkin salah satunya adalah pemaknaan bahwa pendidikan adalah bagian dari panggilan jiwa, dengan berbagai cara kita mengisinya sebagai bagian dari cara kita membangun negeri yang kita cintai ini.n

Melalui penerbitan buku kami turut berkontribusi bagi dunia pendidikan melalui bidang informal walaupun berbekal idealisme tanpa ditopang oleh pendanaan negara. namun prinsipnya adalah kemudahan dan orientasi sesuai kebutuhan penulis tetap menjadi harapan dan tujuan kami. Semoga bermanfaat!!

Posting Komentar

0 Komentar