LUWUK KOTA EKSOTIK DI TIMUR SULAWESI

 

Berada di ujung timur Pulau Sulawesi, Luwuk dijuluki "Kota Berair". Namanya punya kemiripan dengan nama kabupaten di Sulawesi Selatan Luwu. Apakah kedua nama itu punya hubungan sejarah? Belum ada referensi lengkap untuk itu.

Luwuk adalah kota eksotik, Teluk Lalong dengan ombaknya yang tenang berada di depan,sementara dibelakangnya didindingi gunung sebagai pelindung kota.

Kontur alamnya bisa dianggap ada kemiripan dengan Kota Palu. Yang membedakan adalah cuaca di Kota Luwuk cenderung lebih sejuk. Wajar jika Luwuk digelari "Kota Berair".

Luwuk termasuk ibukota kabupaten tua di Sulawesi Tengah, bersama-sama dengan Kabupaten Donggala, Tolitoli dan Kabupaten Poso yang telah ada sejak pertama Provinsi Sulawesi Tengah berdiri 13 April 1964. Dari Kabupaten Banggai saat ini setidaknya telah mekar 2 kabupaten; Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut.  

Bahkan jauh sebelumnya, Luwuk merupakan pusat Kesultanan Banggai yang bukti sejarahnya masih ada dan bisa dikunjungi saat ini.

Posisi Luwuk sekaligus menjadi peneguhan, Sulawesi Tengah adalah Provinsi dengan wilayah yang sangat luas. Dari Kota Palu, Luwuk dapat dicapai dengan perjalanan darat hingga 1 hari dan 1 malam. Sedangkan lewat udara lebih singkat yang dapat diakses setidaknya melalui Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu ataupun Bandara Hasanuddin Makassar. (Chaerudin A. Ewa//Redaksi Penerbit Magama)


(Sumber foto: fanspage Luwuk banggai)

Posting Komentar

1 Komentar