BUKAN SEKADAR SOAL HOBI, INI MANFAAT MENULIS BUKU UNTUK KESEHATAN!

 

Menulis khususnya menulis buku dalam pandangan umum kadangkala dianggap sekadar penyaluran hobi semata. Pengisi waktu atau tidak jarang sebagai bagian dari menggugurkan kewajiban semata. Namun setelah mengetahui manfaat besar aktivitas menulis, masihkah kita mengentengkan kebiasaan luar biasa ini?

Menulis buku memiliki banyak manfaat, dari kesehatan mental hingga kecerdasan dan vitalitas kinerja otak seseorang:

#Meningkatkan Kreativitas

Menulis buku dapat membantu mengeluarkan ide-ide kreatif yang ada dalam pikiran. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan kreativitas, tetapi juga membuat otak tetap aktif dan terasah.

# Terapi Jiwa dan Mengurangi stres

Menulis buku adalah salah satu cara yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan. Dengan menuangkan pikiran dan perasaan ke dalam tulisan, seseorang dapat melupakan sementara masalah yang sedang dihadapi.

# Meningkatkan keterampilan berpikir

Proses menulis buku melibatkan berpikir secara kritis dan analitis. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir seseorang, baik dari segi logika, analisis, maupun sintesis.

# Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Menulis buku juga dapat membantu seseorang mengenali dan mengelola emosi dengan lebih baik. Dengan mengekspresikan perasaan dan emosi ke dalam tulisan, seseorang dapat lebih mudah memahami dan mengontrol emosi. Kegiatan ini bisa disamakan dengan mengungkapkan perasaan kepada teman atau orang lain yang biasanya dikenal dengan istilah 'curhat'. Bahkan dibanding curhat, kegiatan menulis ini pastinya jauh lebih berkualitas.

#Memperkuat Daya Ingat

Menulis buku melibatkan pemrosesan informasi yang kompleks dan panjang. Hal ini dapat membantu melatih daya ingat seseorang, sehingga dapat membantu meningkatkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan. Kemampuan daya ingat akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Namun dengan kebiasaan menulis buku dapat mempertahankan kemampuan otak untuk tetap menjaga daya ingat dengan baik.

Dengan demikian, menulis buku dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental dan kecerdasan seseorang. Selain itu, menulis buku juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan diri, mengekspresikan ide dan pemikiran, serta memberikan inspirasi bagi orang lain. (Diolah Tim Penerbit Magama)

Posting Komentar

0 Komentar