2024, DALAM BINGKAI WARNA WARNI LITERASI

Mengawali tahun baru 2024 dengan menyerahkan buku kepada Penulis Sulawesi Tengah Hj. Mas'amah Mufti, M.Pd. Momentum tahun 2024 ini dapat dipastikan penuh warna dan dinamika. Terutama terkait momentum lima tahunan.

Sebagai insan literasi, tentu tak perlu larut dalam persaingan politik praktis para kandidat. Tetapi mengembangkan ruang literasi sejatinya adalah kepentingan bersama. Pegiat literasi juga harus jeli melihat tokoh mana yang memiliki semangat yang sama bagi pengembangan literasi nasional dan daerah ke depannya. Sebab literasi sebagai bagian dari pendidikan memegang peranan yang sangat penting dan menentukan. Peran literasi bagi pendidikan nasional sangat penting.

Dengan kemampuan literasi yang baik,  kita bisa memahami konsep dan pemahaman dalam berbagai bidang kemasyarakatan termasuk mengambil bagian bagi pengembangan berbagai bidang yang menentukan termasuk bidang politik di dalamnya sebagai bidang kajian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Kemampuan menulis yang baik juga penting untuk menyampaikan ide dan gagasan secara efektif.

Kemampuan literasi akan membantu mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitar kita. Literasi yang baik juga membantu kita dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, menganalisis informasi, dan membuat keputusan yang baik.

Literasi juga dapat menjadikan akses informasi yang lebih luas dan lebih mudah. Dalam era digital ini, berbagai informasi dari berbagai sumber, dan kemampuan literasi yang baik akan membantu kita dalam memilah dan mengkritisi informasi yang didapatkan.

Literasi membantu mempersiapkan generasi mendatang untuk menjadi pemimpin, inovator, dan kontributor yang produktif dalam masyarakat. Melalui kemampuan literasi yang baik, siswa dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari dalam kehidupan nyata.

Literasi dapat menjadi sarana untuk mendorong inklusi sosial. Dengan meningkatnya literasi dalam masyarakat, kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang baik dan kesetaraan akses menjadi lebih adil.

Dengan demikian, literasi memainkan peran yang penting dalam meningkatkan pendidikan nasional. Penting bagi pemerintah pusat dan daerah untuk benar-benar memerhatikan pengembangan literasi sehingga dapat menciptakan masyarakat yang lebih literat dan berpengetahuan. (*)



Posting Komentar

0 Komentar