KEARIFAN LOKAL SUKU BAJO, DALAM PEMANFAATAN SUMBER DAYA LAUT (Dr. Taufan Samudin & Dr. Hasan Muhamad)

 

Buku Bajo

Buku berjudul Kearifan Lokal Suku Bajo Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Laut ini disusun secara sistematis berdasarkan pokok bahasan yang terdiri atas teori dan kaitannya dengan fenomena kearifan lokal Suku Bajo. Suku Bajo dalam kesehariannya bergaul dengan laut dan mereka memandang laut seperti bagian dari diri mereka. 

Pengrusakan terhadap laut sama artinya dengan merusak diri mereka, hal ini diwujudkan dalam pemanfaatan sumberdaya laut bernuansa kearifan lokal. Kearifan lokal ini ditularkan pada generasi penerus melalui belajar langsung di laut pada saat melakukan aktivitasnya. Selain belajar langsung juga menyaksikan perilaku orang tua mereka ketika membaca mantra-mantra maupun upacara persiapan turun ke laut.

Kearifan lokal ini dikaitkan dengan beberapa pandangan para ahli yang kemudian dikaitkan dengan fenomena pada Suku Bajo. Bertahannya kearifan lokal pada Suku Bajo di tengah kemajuan dan pengaruh kontak budaya dengan etnik lain juga menjadi perhatian dalam buku ini. Terjadinya perubahan sosial pada masyarakatnya didekatkan dengan teori strukturalisme fungsional khususnya pandangan Parsons dengan skema AGIL.

Temukan juga di : FISIP Library Tadulako University 

Secara khusus buku ini disajikan sebagai bahan bacaan ilmiah yang diperuntukan bagi mahasiswa Sosiologi maupun Antropologi serta staf pengajarnya. Selain itu, dapat dijadikan referensi bagi pengambil kebijakan dalam kaitan pelestarian wilayah laut dengan melakukan penguatan pada kearifan lokal masyarakatnya.

Terlepas dari itu semua, buku ini, tidak dapat dipungkiri masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak yang perlu diperbaiki sebagai akibat dari keterbatasan penulis. Oleh karena itu, kami sangat terbuka dalam menerima berbagai masukan secara ilmiah demi penyempurnaan ke depan, sebab kami meyakini bahwa ilmu itu dapat berguna dan bermanfaat apabila diamalkan.

Posting Komentar

0 Komentar